Nama :
Dinda
Septiarini
NPM :
12516108
Kelas :
4PA02
Mata
Kuliah : Sistem Informasi Psikologi
Judul
|
Pengembangan Media Pembelajaran Sistem Pelacakan
pada Mata Kuliah Kecerdasan Buatan Berbasis Multimedia
|
Jurnal
|
Jurnal Sarjana Teknik Informatika
|
Volume
& Halaman
|
Volume
2 Nomor 1, Februari 2014
|
Tahun
|
2014
|
Penulis
|
Dedi Nugraha dan Sri Winiarti
|
Reviewer
|
Dinda Septiarini
|
Tanggal
|
17 Desember 2019
|
Pendahuluan
|
Dalam proses pembelajaran, dosen dituntut
agar dapat menyampaikan materi secara jelas, bermakna, dan bila perlu memanfaatkan media yang mampu
menjembatani proses perolehan proses belajar sehingga menjadi lebih mudah dan
mengalir sesuai dengan perkembangan mental mereka. Karena adanya perbedaan
karakteristik, daya tangkap pada setiap mahasiswa sehingga membutuhkan perlakuan
khusus dengan metode pembelajaran yang berbeda-beda pula. Berdasarkan latar
belakang tersebut, maka akan dibuat Pengembangan Media Pembelajaran Sistem Pelacakan pada
Mata Kuliah Kecerdasan Buatan Berbasis Multimedia, yang merupakan gambaran
umum mengenai penjabaran tentang materi Sistem Pelacakan.
|
Tujuan Penelitian
|
Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk program bantu dosen dan mahasiswa dalam pembelajaran yang interaktif sebagai
sarana belajar mengenai mata kuliah Kecerdasan Buatan khususnya materi sistem pelacakan. |
Metode
Penelitian
|
a.
Metode
Pengumpulan Data
1.
Study
Literature
Metode ini
digunakan dengan cara membaca buku-buku literature/referensi yang berkaitan
dengan Kecerdasan Buatan seperti buku Kecerdasan Buatan serta mempelajari laporan-laporan dan buku-buku yang
berkaitan dengan penelitian.
2.
Pengumpulan
Data dari Internet/Browsing
Metode ini
dilakukan dengan cara mencari data dan informasi berupa citra, jurnal, teks,
dan source code program yang berkaitan dengan penelitian menggunakan
jaringan internet.
3.
Wawancara
Merupakan metode
yang dilakukan dengan cara tanya jawab langsung kepada dosen pengampu mata
kuliah kecerdasan buatan dan mahasiswa yang mengambil mata kuliah kecerdasan
buatan.
4.
Observasi
Merupakan metode
pengamatan secara langsung terhadap cara pembelajaran kecerdasan buatan yang
ada saat ini di UAD. Selain melakukan pengamatan juga melakukan pencatatan
dokumen yang berkaitan dengan subjek penelitian secara cermat dan sistematis.
b. Analisis Kebutuhan
1.
Analisis User
Analisis user dilakukan untuk mengetahui siapa saja yang membutuhkan dan
menggunakan sistem ini. Sehingga disimpulkan bahwa user dari sistem yang akan
dibangun nanti adalah:
a.
Mahasiswa atau
Peserta Didik
Mahasiswa atau pserta didik membutuhkan yang akan dibangun sebagai alat
untuk membantu dalam pemahaman materi. Sistem pelacakan sehingga alat sistem
yang akan dibangun harus menampilkan informasi yang dibutuhkan mahasiswa
diantaranya soal-soal yang berfungsi untuk melatih mahasiswa agar bisa
mengerjakan soal-soal, evaluasi soal yang berguna untuk mengukur pemahaman
mahasiswa ditunjukkan dengan pada score
nilai yang diperoleh.
b. Dosen atau Pengajar
Sistem ini digunakan dosen pengampu mata kuliah sebagai pendamping dalam
penyampaian materi mata kuliah kepada mahasiswa sehingga akan memberi
soal-soal latihan yang dapat membantu dosen mempermudah meningkatkan
pemahaman mahasiswa, melakukan evaluasi yang bertujuan untuk mengetahui
tingkat pemahaman siswa dengan melihat hasil score nilai yang diperoleh.
2. Analisis Kebutuhan
User
Kebutuhan mahasiswa
atau peserta didik adalah adanya sistem yang bisa mendukung mahasiswa memahami
materi sistem pelacakan. Hal ini dapat terpenuhi bila sistem yang dibangun
memenuhi unsur-unsur yang mereka perlukan.
3. Analisis Kebutuhan
Sistem
Analisis kebutuhan
sistem dilakukan untuk keperluan penyusunan sistem yang baru dan menggantikan
sistem yang lama baik itu secara keseluruhan atau hanya memperbaiki sistem
yang telah ada. Untuk dapat mencapai keinginan yang dimaksud maka perlu
dilakukan perancangan sistem.
c.
Perancangan Sistem
Tahap perancangan
sistem merupakan kelanjutan dari analisis kebutuhan sehingga data yang akan
dibuat dapat disusun dengan mudah, benar, dan tepat pada sasaran yang telah
ditetapkan sebelum menyusun suatu sistem. Langkah yang harus dilakukan adalah
membuat perancangan sistem terhadap permasalahan yang dibahas dengan harapan
agar pembuatan aplikasi tidak meluas dari pokok permasalahan.
|
Hasil
Penelitian
|
Hasil
yang diperoleh dari penelitian adalah sistem layak dipergunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan
pemahaman siswa, serta sebagai alat pendukung proses pembelajaran.
|
Kesimpulan
|
1.
Telah dibuat
aplikasi program bantu pembelajaran yang interaktif sebagai sarana belajar
mengenai mata kuliah Kecerdasan Buatan khususnya materi sistem pelacakan.
2.
Aplikasi pembelajaran
menggunakan komputer berbasis multimedia ini merupakan program aplikasi yang
dapat digunakan sebagai pegangan belajar mata kuliah Kecerdasan Buatan,
khususnya materi sistem pelacakan untuk mahasiswa jurusan Teknik Informatika
di Universitas Ahmad Dahlan.
3.
Sistem yang
dibuat telah diujikan kepada user mahasiswa dan user dosen dengan hasil
masing-masing user setuju bahwa sistem yang dibuat telah sesuai dengan
kebutuhan saat ini, dimana sistem dapat dijadikan pendamping dalam proses
belajar mata kuliah kecerdasan buatan khususnya materi sistem pelacakan.
|
Saran
|
Berdasarkan hasil
penelitian dan kesimpulan di atas maka dapat diajukan beberapa saran
sebagai berikut:
1.
Mahasiswa:
Bagi
mahasiswa diharapkan dengan adanya program bantu ini
dapat meningkatkan pemahaman dalam pembelajaran.
2.
Penelitian selanjutnya:
Bagi penelitian
selanjutnya disarankan untuk menggunakan program bantu lain yang dapat membantu pembelajaran dosen dan mahasiswa.
|
🔻Untuk jurnal aslinya, dapat diakses pada link di bawah ini🔻
https://media.neliti.com/media/publications/210964-pengembangan-media-pembelajaran-sistem-p.pdf
Tidak ada komentar:
Posting Komentar